JENIS-JENIS BURUNG MERPATI HIAS

Merpati adalah burung hewan peliharaan yang populer. Keindahan bentuk dan warnanya merupakan kesenangan tersendiri bagi penggemarnya. Merpati telah dibiakkan ratusan tahun dan memproduksi beberapa keturunan aneh, unik dan merpati mewah. Berikut daftar jenis merpati paling unik yang tersebar di dunia.

1. Jacobin Pigeon

Diberi nama seperti itu karena bulu-bulu yang mengitari kepalanya menggambarkan topi yang dipakai pendeta-pendeta Jacobin. Burung diternakkan dengan warna putih, jitam, biru, perak, merah dan kuning.

2. Frillback Pigeon

Burung yang istimewa tetapi kurang popular. Merpati ini berbulu ikal di bandan dan sayap, sehingga ditemukan adanya bulatan-bulatan kecil bagaikan bulu. Ada yang jambul ada yang tidak. Burung yang baik harus punya ikal yang kokoh. Warna ada yang hitam, putih, kebiruan, kemerahan, kekuningan. Yang kemerahan dan kekuningan dianggap sebagai bentuk yang baik.

3. Barb Pigeon

The Barb (juga disebut Barb Inggris) adalah jenis merpati mewah dikembangkan selama bertahun-tahun pembiakan selektif. Barbs, bersama dengan varietas lainnya merpati peliharaan, semuanya keturunan dari Rock Pigeon (Columba livia). Berkembang biak ini disebut oleh Shakespeare. Itu juga disebut dengan ilustrasi di Charles Darwin Variasi Hewan dan Tanaman bawah Domestikasi.


4. Old German Cropper

Bersanak dekat dengan pouter. Keduanya menjadi keluarga besar, dengan cirri-ciri hampir sama. Salah satu cropper yang terkenal adalah English Cropper. Tembolok besar, berdirinya tegak, badan dan pnggang langsing dengan kaki panjang. Termasuk merpati yang tinggi karena bisa setinggi 50 cm dari kepala sampai kaki. Pada tembolok merpati ini ada gambar bulan sabit dengan kedua ujung bertemu di dekat kedua matanya. Ujung sayap, bagaina bawah badan, kaki dan bulu-bulu putih di sayap menggambarkan bintik-bintik seperti bulu.

Jenis lain dari Cropper adalah Pouter yang mudah dijinakkan dan menyenangkan. Jenis lainnya adalah Holle Cropper yang berbentuk seperti merpati kipas, tetapi tidak berekor kipas. Jenis lain Cropper adalah Valencia Cropper yang bertembolok menggantung, mengembang seakan dibusungkan.

5. Chinese Owl

The Owl Cina adalah jenis merpati mewah dikembangkan selama bertahun-tahun Owls breeding.Chinese selektif, bersama dengan varietas lainnya merpati peliharaan, semuanya keturunan dari Rock Pigeon (Columba livia). Berkembang biak ini dikenal karena ukurannya yang kecil dan bulu yg berjumbai berlimpah.

6. Ghent Cropper

Cropper Ghent adalah jenis merpati mewah dikembangkan selama bertahun-tahun pembiakan selektif. Ghent Croppers, bersama dengan varietas lainnya merpati peliharaan, semuanya keturunan dari Rock Pigeon (Columba livia).7. English Trumpeter

Oleh orang Belanda burung ini dikenal sebagai Tuimelaar. Burung ini punya keistimewaan terbang dari ketinggian tertentu akan turun ke ketinggian tertentu dengan melakukan serangkaian salto atau jungkir balik di udara. Semula burung ini merupakan burung olahraga tetapi kemudian menjadi burung untuk pameran.

8. Reversewing Pouter

Reversewing Pouter adalah jenis merpati mewah dikembangkan selama bertahun-tahun pembiakan selektif. Reversewing Pouters, bersama dengan varietas lainnya merpati peliharaan, semuanya keturunan dari Rock Pigeon (Columba livia). Berkembang biak ini dikenal dengan tanda-tanda yang eye-catching.9. Old Dutch Capuchine

Old Duct Capuchine adalah jenis merpati mewah dikembangkan selama bertahun-tahun pembiakan selektif. Old Belanda Capuchines, bersama dengan varietas lainnya merpati peliharaan, semuanya keturunan dari Rock Pigeon (Columba livia).

10. Carrier

: sering disebut English Carrier, berasal dari Bazora Persia. Awalnya adalah burung pembawa berita, tetapi kemudian kalah tenanr dibandingkan Racing Homer. English Carrier punya ciri bulu keras dan rapat ke badan, pial paruh berwarna putih, bisa membesar sebesar biji kemiri, dan baru berhenti setelah usia 3 tahun. Kelopak mata dikelilingi pial dalam bentuk lingkaran yang besar. Tinggi 45-48 cm, berat 500-650 gram. Warna hitam, merah, kuning, putih, dan ada yang berpita biru.

11Carneau

Burung konsumsi dari Belgia Selatan atau Perancis Utara, berat 750 gram dan bisa mencapi 1 kg.12. Strasser

Dikembankan di Austria sebagai burung konsumsi tetapi kalah popular disbanding Carneau. Strasser hamper menyerupai merpati Gazzi Modena. Kepala, leher, sayap dan ekor dapat memiliki berbagai warna dengan badan berwarna putih.

13Mondaine

Keturunan merpati Perancis dan Italia sebagai burung konsumsi. Berpenampilan menarik tetapi untuk burung konsumsi kalah populer disbanding burung lain.

aks.parsbloger.comaks.parsbloger.com

14. Kipas (Fantail):

Berasal dari India dan Cina. Tanda mencolok ekornya menyerupai kipas. Tetapi karena ekor panjang, kita harus sering memotongnya agar bisa kawin. Kelemahan burung ini, harus dicarikan indukan lain untuk mengasuh anak.

15. Modena:

Diambil dari nama kota tempat dia berasal. Terkenal sebagai merpati ternak yang baik. Yang terkenal dari jenis ini adalah Gazzi Modena dengan badan putih serta kepala, sayap dan ekor berwarna-warni. Termasuk merpati kecil dengan ukuran panjang 25 cm, tetapi padat gemuk (buntek) dan bergaya anggun.

16. Florentine:

Berasal dari Florence, Italia. Berbentuk seperti ayam betina. Terkenal di Eropa sebagai burung pameran, tetapi bisa masuk sebagai burung konsumsi karena bisa mencapai berat 500-800 gram). Kepala, sayap dan ekor berwarna-warni dengan badan putih.

17. Lahore:

Di Pakistan dan sekitarnya dikenal dengan nama Shiraz (kota tempat burung berasal). Leher, perut, dada dan ekor berwarna putih. Kepala, pinggang dan sayap bisa berwarna lain. Kaki bisa berbulu semua tetapi ada yang polos. Bisa dimasukkan sebagai merpati konsumsi karena badannya besar. Diternakkan dengan bulu beraneka warna.

18. Satinette Oriental Frill

Sangat menawan hati, berasal dari Turki, dengan jenis banyak sekali tetapi yang paling populer adalah Satinette yang mempunyai badan berwarna putih dengan garis-garis
pada bahu, sayap, dan ekor warna hitam, biru dan abu-abu cokelat.
Bagian sayap untuk terbang berwarna putih. merpati ini punya bulu balik di daerah dada.
Karena pandai membesarkan anak, jenis ini sering digunakan untuk “orang tua asuh”.
Ada pula merpati dengan sebutan terkenal Owl yang dikenal di Indonesia dengan nama Meeuw.
Kekhususannya adalah berparuh pendek, pial dan kepala membentuk bulatan. Ada berbagai jenis dari merpati ini.
Berbeda dengan Oriental Frill, kepala Owl biasa saja tanpa jambul. merpati ini tidak pandai membesarkan anak..


19. King Pigeon

 adalah merpati yang dulunya diperuntukkan sebagai pedaging, namun seiring berjalannya waktu bentuknya yang lucu dan bulunya yang indah, merpati King dipamerkan sebagai merpati hias.

18. American Giant Homer Pigeon

(dirangkum dari berbagai sumber)

About these ads
By merpatihias

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s